Tutup Iklan X

Bandara Internasional Banyuwangi Bandara Hijau Pertama di Indonesia

Bandar Udara Internasional Banyuwangi yang Terletak di Desa Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari Banyuwangi, Sabtu (07/01). Redaksi Banyuwangihits.id

BANYUWANGIHITS.ID – Bandar Udara Internasional Banyuwangi terletak di Desa Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Bandara dengan landas pacu 2.450 meter ini dibuka pada 29 Desember 2010. Bandara ini diklaim sebagai bandara hijau pertama di Indonesia.

Sebelum adanya pembangunan Bandara di Banyuwangi, warga sekitar harus pergi ke Surabaya atau Bali untuk naik pesawat menuju luar pulau. Bandara ini mulai digunakan oleh Bali International Flight Academy (BIFA) mulai 21 April 2009 untuk keperluan pelatihan lepas landas dan mendarat bagi para calon pilot.

Untuk penerbangan komersil, mulai dibuka pada 29 Desember 2010 oleh maskapai Sky Aviation setelah sebelumnya diadakan uji kelayakan terbang pada 26 Desember 2010 menggunakan pesawat C208 Grand Caravan. Penerbangan ini sekaligus menjadi tanda diresmikannya Bandara Blimbingsari sebagai bandara komersil.

Mulai tahun 2017, diusahakan pembukaan rute langsung Jakarta Soekarno-Hatta ke Banyuwangi. Rute ini pertama kali diisi oleh maskapai NAM Air pada 16 Juni 2017 menggunakan pesawat Boeing 737-500 berkapasitas 150 tempat duduk. Dalam persemian ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Presiden Direktur Sriwijaya Group Chandra Lie.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait yang ditemukan ...