Tutup Iklan X

Angka Kematian Ibu di Banyuwangi Meningkat di Tahun 2021

Dr. Widji Lestariono Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi. (Foto : Ikhwan Banyuwangihits.id)

BANYUWANGIHITS.ID  – Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Banyuwangi,  ditahun 2021 meningkat di Banding dua tahun terakhir. Terhitung sejak Januari hingga September, tercatat ada sebanyak 47 kasus kematian yang terjadi.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Dr Widji Lestariono mengatakan, lonjakan AKI yang terjadi tahun ini diakibatkan Pandemi Covid-19.

Sebelumnya ditahun 2019 kasus kematian ibu mencapai 33 kasus. Kemudian di tahun 2020 angka kematian berhasil ditekan, berkurang menjadi 19 kasus kematian ibu.

” Karena pandemi yang meningkat, angka kematian ibu tahun ini melonjak menjadi 47 kasus. Sebagian besar ibu di Banyuwangi meninggal akibat Covid-19,” ujar Rio sapaan akrabnya, Senin (4/10/2021).

Namun disatu sisi, masih Rio, Angka Kematian Bayi (AKB) di Banyuwangi cenderung baik. Sehingga PR berat yang menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan setempat adalah AKI.

“Kita akan terus berupaya menekan angka kematian ibu dan bayi, ini menjadi indikator utama atensi kita yang kita lakukan dari tahun ke tahun,” kata dia. (IKHWAN/DIK)

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...