Tutup Iklan X

Dosen UNIBA Gagas Pertanian Mandiri Energi Dengan Memanfaatkan Tenaga Surya

Pemasangan Solar Cells Pengganti Tenaga Listrik PLN Guna Penerangan Tanaman Buah Naga. (Foto : Ikhwan Banyuwangihits.id)

BANYUWANGIHITS.ID – Terus kembangkan sektor pertanian di Banyuwangi, Kampus Universitas PGRI Banyuwangi (UNIBA), rancang Instalasi Pencahayaan Tanaman Buah Naga dengan memanfaatkan panas Matahari (Solar Cells) sebagai sumber listrik. Program yang digagas dua Dosen di Uniba yakni, Adi Pratama Putra bersama Adi Mulyadi, tentunya sangat menghemat biaya pencahayaan tanaman dengan nama latin Hylocereus polyrhizus.

Adi Pratama Putra mengatakan, petani di Banyuwangi cukup banyak meningkatkan produktivitas buah naga dengan melakukan pencahayaan. Namun di satu sisi, proses pencahayaan yang masih menggunakan listrik PLN,  justru membuat pendapatan petani menurun, lantaran biaya listrik setiap bulan juga dikeluarkan.

” Jika menggunakan tenaga matahari melalui solar cells, tentunya petani tak perlu lagi merogoh kantong untuk membayar biaya bulanan listrik PLN, ” kata Adi, sapaan akrabnya, Kamis (14/10/21)

Saat ini, kata Adi, permasalahan yang dialami oleh Petani asal Desa  Wringinpitu, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi adalah ketidak mampuan dalam memberikan pencahayaan secara intens bagi tanaman  buah naga. Sehingga, petani hanya bisa memanen buah naga disaat musim panen dengan harga yang terjun bebas.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...