Tutup Iklan X

Ponpes Al Hanifiyah, Tempat Almarhum Bintang Menimba Ilmu Agama Ternyata Belum Memiliki Izin Resmi

Kepala Kemenag Banyuwangi Chaironi Hidayat (Kanan) Saat Takziah ke Kediaman Almarhum Bintang, Kamis (29/02)

 

Banyuwangihits.id – Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hanifiyah Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri tempat almarhum Bintang Balqis Maulana (14) menimba ilmu agama rupanya belum memiliki izin resmi. Hal tersebut disampaikan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyuwangi Chaironi Hidayat.

Chaironi mengungkap, ia mengetahuinya usai melakukan komunikasi eksternal dengan Kemenag Kabupaten Kediri yang telah melakukan survei lapangan. Dari hasil survei tersebut, diketahui selama ini pesantren itu hanya melakukan kegiatan santri pada umumnya tanpa memiliki dokumen resmi pendirian.

“Ternyata pondoknya masih belum punya izin operasional, jadi belum masuk data. Hanya punya santri dan kegiatan, izin operasional tidak ada,” terangnya saat berkunjung di rumah korban di Afdeling Kampung Anyar, Dusun Kendenglembu, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kamis (29/02/24).

Bahkan, saat Kemenag Kediri mendatangi Ponpes untuk dimintai keterangan terkait kasus meninggalnya Bintang karena dugaan penganiayaan, pihak Ponpes Al Hanifiyah terkesan menutup diri dan sulit untuk kooperatif. Pengurus dan santri setempat juga seolah kompak tidak memberikan pernyataan atas kejadian tersebut.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...