Beri Pembekalan Tenaga Pendidik Ponpes Al-Zaytun, Kemenag Tekankan Pentingnya Peran Guru di Madrasah

Indonesiahits.id – Sebanyak 40 guru dan tenaga kependidikan madrasah Pondok Pesantren Al-Zaytun diberi pembelakan di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (15/08/23). Pemberian pembekalan diadakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.
Dalam kegiatan yang diikuti oleh guru MI, MTs, dan MA Al-Zaytun tersebut, Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain mengingatkan pentingnya peran guru dalam membentuk pemahaman untuk memiliki sikap moderat sejak dini.
“Guru madrasah memiliki peran penting untuk memberikan pemahaman yang toleran sejak dini kepada peserta didik,” kata Muhammad Zain.
Muhammad Zain menekankan pentingnya guru madrasah berhati-hati saat berbicara kepada siswa. Hal itu karena menurut Zain, apa yang diucapkan guru bisa jadi kenyataan.
Direktur GTK menuturkan, madrasah yang kondusif penting bagi perkembangan peserta didik. Oleh karena itu, para guru diharapkan memiliki kemampuan untuk memahami minat, bakat, dan kemampuan peserta didiknya.
“Semisal ada murid yang suka matematika, sains, bahasa, melukis dan lain-lain. Guru harus bisa memfasilitasi itu. Dengan demikian, kecerdasan-kecerdasan siswa bisa terekspos dan dimaksimalkan,” ujarnya.
Zain menambahkan, guru harus mampu mewujudkan madrasah menjadi creative school guna meningkatkan kecintaan siswa terhadap madrasahnya.
“Mari kita terapkan konsep “madrasati jannati” atau madrasahku adalah surgaku. Kalau para siswa ini sudah merindukan madrasahnya, tempat belajarnya, maka otomatis mereka juga akan cinta atau bahkan kecanduan untuk belajar di madrasahnya,” lanjutnya.
Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan sharing session yang dipandu oleh perwakilan Densus 88. Kegiatan sharing session bertujuan untuk mendengar pendapat para guru untuk menciptakan madrasah yang kondusif bagi peserta didik. Kegiatan pembekalan tampak dihadiri Kasubag Tata Usaha Direktorat GTK Madrasah dan Kasi Penmad Kabupaten Indramayu. (Redaksi)