Program “Banyuwangi Melayani” Terus Dioptimalkan, Respons Cepat Jadi Prioritas

BANYUWANGIHITS.ID – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus mendorong peningkatan layanan publik melalui program “Banyuwangi Melayani”, sebuah inisiatif yang mengedepankan respons cepat terhadap laporan dan kebutuhan masyarakat. Program ini telah berjalan dan semakin dioptimalkan dengan dukungan teknologi komunikasi seperti WhatsApp dan telepon langsung.
Melalui sistem ini, masyarakat bisa menyampaikan keluhan atau kebutuhan langsung ke instansi terkait, termasuk Dinas PU CKPP, sehingga penanganan bisa dilakukan secara lebih cepat dan tepat sasaran.
“Kalau masalah progres, alhamdulillah. Banyuwangi Melayani ini sudah berjalan, masyarakat bisa menghubungi lewat WA, telepon, dan akan masuk ke kami. Jadi kalau ada informasi dari masyarakat, kita bisa langsung tahu dan melaksanakan apa yang dibutuhkan,” ujar Amirul Muslimin, Ahli Muda Bina Marga Dinas PU CKPP.
Program ini juga digunakan untuk mendeteksi kebutuhan layanan teknis di lapangan, seperti perbaikan jalan, penanganan drainase, atau pemeliharaan fasilitas umum.
“Salah satunya misalnya ada kebutuhan perbaikan di perhubungan atau fasilitas besar lainnya. Begitu kita dapat informasi, kita langsung tindak lanjuti,” tambah Amirul.
Pemkab Banyuwangi menargetkan agar semua laporan masyarakat bisa ditangani dalam waktu yang cepat dengan standar layanan yang terukur. Program ini merupakan bagian dari upaya Banyuwangi menjadi kabupaten dengan pelayanan publik berbasis digital dan partisipatif. (BIN/JUW)