Tutup Iklan X

Tradisi Petik Laut Muncar, Wujud Syukur Nelayan Atas Hasil Tangkap Ikan Melimpah

Nelayan Muncar Saat Akan Membawa Gitik ke Perahu Jenis Slerek untuk Selanjutnya Dilarung ke Selat Tanjung Sembulungan. (Foto : Istimewa)

 

BANYUWANGIHITS.ID – Dengan tidak meninggalkan disiplin protokol pencegahan virus corona covid 19, Nelayan di Pesisir Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, gelar tradisi petik laut, Selasa (24/98/21). Tak seperti tahun tahun sebelum pandemi, kali ini petik laut digelar sangat sederhana. Namun tetap tak mengurangi kesakralan ritual tersebut.

 

Saat di lokasi, wakil ketua panitia Petik Laut Muncar Sihat Aftarjo saat dikonfirmasi mengatakan, sebelum puncak acara petik laut ini digelar. Sebelumnya masyarakat melaksanakan tirakat serta pengajian di masing masing tempat ibadah di lingkungannya.

 

“ Selanjutnya Gitik atau sebuah perahu mini berisi sesaji, seperi jajan pasar, buah-buahan, dua ekor ayam yang masih hidup serta kepala kambing dengan pancing emas seberat 2 gram dikaitkan di lidah kepala kambing. Untuk selanjunya diarak keliling kampung, “ kata Sihat Aftarjo

 

Masih wakil ketua Petik Laut Muncar, Usai keliling kampung Gitik sepanjang 2 meter di pindah ke perahu selerek untuk dilarung bersama – sama di tengah laut.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...