Tutup Iklan X

Evaluasi Pemilu 2024, DPRD Banyuwangi Akan Gelar Rapat Kerja Bersama KPU dan Bawaslu

Kantor DPRD Kabupaten Banyuwangi

 

Banyuwangihits.id – Komisi I DPRD Banyuwangi akan menggelar rapat kerja bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam rangka evaluasi Pemilu 2024.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Banyuwangi Marifatul Kamila menjelaskan, rapat kerja tersebut dilaksanakan untuk mengupas mengapa Pemilu 2024 menyisakan sejumlah permasalahan. Permasalahan tersebut di antaranya datang dari pemilihan Capres-Cawapres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

“Pasti ada yang menang dan ada yang kalah, tetapi kami ingin Pemilu 2024 di Banyuwangi berjalan dengan jujur dan adil,” katanya.

Perempuan yang akrab disapa Rifa itu menambahkan, Komisi I DPRD Banyuwangi juga ingin mengetahui persiapan rekrutmen anggota KPU 2024-2029 dan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banyuwangi 2024.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala. Nanti akan dijadwal oleh Banmus, Insyaallah setelah rapat paripurna kami akan mengundang karena sudah menjadi agenda Komisi I untuk melakukan evaluasi pelaksanaan Pemilu 2024 kemarin,” pungkas politisi Partai Golkar itu.

Lebih lanjut, Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Banyuwangi, Untung Apriliyanto memaparkan, saat ini pihaknya fokus menindaklanjuti laporan dan pengaduan dugaan tindak kecurangan selama Pemilu 2024.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...