Tutup Iklan X

Fantastis Anggaran Pilkades Desa Gambiran Banyuwangi Capai Rp. 350 Juta

Anggota Kepolisian, TNI, dan Hansip saat Melakukan Pengamanan Pilkades Serentak di Salah Satu TPS di Desa Gambiran, Rabu (17/11). Jaenudin/Banyuwangihits.id

BANYUWANGIHITS.ID- Kabupaten Banyuwangi gelar perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Rabu (17/11/21), salah satunya Desa Gambiran, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam pesta rakyat ini, tak tanggung tanggung biaya yang dikeluarkan melalui DAK Pemkab Banyuwangi dan Dana Desa (DD) mencapai ratusan juta rupiah.

Sekretaris Desa (Sekdes) Gambiran Binar Cahya Putra saat dikonfirmasi perihal angaran ini mengatakan, anggaran pemilihan Kepala Desa Bersumber dari DAK Pemerintah Kabupaten Banyuwangi senilai Rp. 233 Juta dan Anggaran dari Dana Desa (DD) mencapai Rp. 120 Juta.

“Anggaran tersebut digunakan tidak saat pemilihan saja, namun dari mulai tahapan awal hingga akhir, “ kata Sekdes Gambiran.

Binar Cahya Putra menambahkan, untuk Desa Gambiran sendiri memiliki 11.636 Daftar Pemilih Tetap (DPT), dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) 24. Hal tersebut disesuaikan Peraturan Mendagri dengan jumlah maksimal per TPS 500 DPT.

“Dari Jumlah TPS tersebut nantinya tersebar dimasing-masing dusun meliputi Dusun Krajan I, Dusun Krajan II, Dusun Lidah, dan Dusun Stembel, dan penghitungan dilakukan di Balai Desa, “ imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...