Tutup Iklan X

KAI Terkini : 77.836 Pelanggan Gunakan Face Recognition untuk Boarding

Foto : KAI DAOP 9 Jember

BANYUWANGIHITS.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember memperkenalkan teknologi Face Recognition sebagai bagian dari upaya meningkatkan kemudahan layanan dan mendukung program keberlanjutan lingkungan. Sejak diluncurkan pada 22 Agustus 2024 di Stasiun Jember, teknologi ini telah menarik 77.836 pelanggan untuk melakukan registrasi dan telah digunakan sebanyak 285.773 kali.

Manager Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, menyampaikan bahwa inovasi ini mengurangi penggunaan tiket fisik berbasis kertas serta mempercepat proses boarding.

“Face recognition berdampak positif karena mempercepat dan memudahkan penumpang KA untuk melakukan boarding dan juga ramah lingkungan,” ujar Cahyo, Senin (24/02).

Teknologi ini memungkinkan penumpang untuk melakukan pemindaian wajah di gate boarding. Jika identitas, data tiket, dan syarat lainnya telah sesuai, pintu boarding akan terbuka secara otomatis.

Saat ini, layanan Face Recognition tersedia di Stasiun Jember dan akan diperluas ke beberapa stasiun lain di wilayah Daop 9 Jember. Masyarakat yang ingin melakukan registrasi dapat mendaftar langsung di stasiun Jember atau melalui aplikasi Access by KAI.

Baca juga :  Kecelakaan Beruntun Libatkan Truk Isuzu, Toyota Hiace dan Honda Vario di Ketapang Banyuwangi

Cahyo memastikan bahwa fitur Face Recognition telah menerapkan sistem manajemen keamanan informasi berstandar internasional ISO 27001. Semua data pelanggan disimpan di infrastruktur KAI dan hanya digunakan untuk proses boarding.

“Bila dibutuhkan, penumpang juga bisa mengajukan penghapusan data dirinya sewaktu-waktu melalui aplikasi Access by KAI atau dengan mengajukan permohonan kepada petugas Customer Service di stasiun,” jelas Cahyo. (Redaksi)