Tutup Iklan X

Lembaga Bentukan Menteri Keuangan Kirim Bantuan Puluhan Miliar untuk Masyarakat Palestina

Foto: REUTERS/STRINGER

 

Banyuwangihits.id – Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau Indonesian AID akan mengirimkan bantuan senilai Rp 31,9 Miliar, atau setara dengan US$ 2 juta. Bantuan tersebut akan dikirimkan kepada masyarakat Palestina yang saat ini tengah mendapat serangan dari pasukan militer Israel.

Indonesian Agency for International Development atau Indonesian AID merupakan unit kerja di bawah Kementerian Keuangan yang dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2019 tentang Perubahan atas PP Nomor 48 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemberian Hibah kepada Pemerintah Asing/Lembaga Asing.

Dalam aturan tersebut, menteri keuangan diamanatkan untuk membentuk sebuah unit kerja di bawah Kementerian Keuangan yang berbentuk Badan Layanan Umum (BLU). Indonesian AID diharuskan mampu mengelola dana kerja sama pembangunan internasional sekaligus menjadikan kegiatan pemberian bantuan yang mandiri dengan mengurangi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Direktur Utama Indonesian AID Tormarbulang Lumbantobing mengatakan, dana bantuan akan digelontorkan dalam bentuk kebutuhan medis seperti obat-obatan dan alat-alat kesehatan bagi warga Palestina, terutama di Jalur Gaza. Pria yang akrab disapa Tor Tobing itu menjelaskan, pengiriman bantuan akan dilakukan pekan depan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...