Tutup Iklan X

Pasca Tambang Emas Digrebek, Kelompok Tani Hutan Gelar Bersih Sungai Watu

Kelompok Tani Hutan saat Gotong Royong Membersihkan Sungai Watu. (Foto : Jaenudin Banyuwangihits.id)

BANYUWANGIHITS.ID – Pasca dilakukan penggrebekan tambang emas liar oleh aparat gabungan dari Polresta Banyuwangi, Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, dan Koramil Pesanggaran. Kelompok Tani Hutan (KTH) gelar gotong royong membersihakan Sungai Watu, di Petak 78 BKPH Sukomade, RPH Silirbaru, KPH Banyuwangi Selatan, Jumat (01/10/21).

Ketua Kelompok Tani Hutan Suko saat dalam gotong royong tersebut mengatakan, bersih kali ini dilakukan akibat aktivitas tambang emas liar di Peta 78 BKPH Sukomade. Limbah tambang emas liar yang dibuang disungai, membuat sungai menjadi dangkal dang mengganggu tanamam pertanian.

“ kalau ini tidak segara dibersihkan, dampaknya yang sudah terjadi. Banyak tanaman warga yang sudah layu,” kata Suko ketua KTH.

Meski gotong royong ini dilakukan menggunakan alat manual. Namun kekompakan dari masing masing Kelompok Tani Hutan sangat terlihat. Petani pun juga mengapresiasi aparat gabungan yang sudah mengoperasi tambang emas liar yang dinilai menggangu tanaman milik petani. (JAENUDIN/DIK)

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...