Tutup Iklan X

Pandemi Melanda Dunia, Keberangkatan PMI Banyuwangi Tertunda

Ilustrasi Pemberangkatan Buruh Migran Indonesia (BMI) (Foto: Istimewa/ Banyuwangi Hits)
Ilustrasi Pemberangkatan Buruh Migran Indonesia (BMI) (Foto: Istimewa/ Banyuwangi Hits)

BANYUWANGI, Banyuwangihits- Pandemi Covid-19 yang melanda sebagian besar dunia menyebabkan keberangkatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) banyak tertunda. Tercatat keberangkatanĀ  asal Kabupaten Banyuwangi ke luar negeri juga masih landai.

Koordinator UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Banyuwangi Muhammad Iqbal menyebut sejumlah negara penempatan banyak yang masih menutup akses karena tingginya angka kasus Covid-19.

“Pengiriman masih kurang, karena posisinya seperti Taiwan dan Malaysia masih lockdown, Covid-19 di sana masih naik. Moratorium pengiriman pekerja migran di negara tersebut juga belum dicabut,” kata Iqbal sapaan akrabnya, Senin (21/6/2021).

Iqbal mengatakan hingga kini belum ada perkembangan yang signifikan terkait pengiriman PMI ke negara penempatan.

“Masih terbatas pada negara tertentu, yang masih bisa keluar masuk di Hongkong. Namun volumenya tidak terlalu banyak untuk pengiriman tenaga pekerja migran kita,” ujarnya.

Dia menyampaikan, di tahun 2021 ini permintaan PMI di sejumlah negara menurun drastis. Penyebabnya tidak hanya beberapa negara yang belum membuka, faktor lain karena kekuatan ekonomi majikan juga menurun akibat dampak pandemi.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...