Tutup Iklan X

Tapal Batas Kawah Ijen Belum Ditetapkan Kemendagri.

Peta Kawah Ijen Yang seluruhnya Masuk Kabupaten Banyuwangi. (Foto: dok Banjoewange Tempo Doloe/ Banyuwangi Hits)
Peta Kawah Ijen Yang seluruhnya Masuk Kabupaten Banyuwangi. (Foto: dok Banjoewange Tempo Doloe/ Banyuwangi Hits)

BANYUWANGI, Banyuwangihits – Persoalan tapal batas wilayah Kawah Ijen antara Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Bondowoso hingga 28 Juli 2021 belum ada penetapan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam rapat paripurna yang digelar dewan, Rabu 28 juli 2021 menjelaskan, persoalan tapal batas kawasan Kawah Ijen hingga saat ini masih dalam proses.

Pihaknya hingga saat ini terus berupaya menyampaikan kepada Mendagri berbagai alat bukti legal, termasuk kajian dari aspek sosiologis, historis, yuridis dan geografis bahwa seluruh Kawah Ijen merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Banyuwangi.

“Jika nantinya tidak ada kesepekatan antara dua kabupaten tersebut, maka Menteri Dalam Negeri akan memutuskan sebagai perselisihan”, jelasnya.

Orang nomer satu di Banyuwangi tersebut menegaskan, bahwa Banyuwnagi memiliki sejumlah alat bukti yang menguatkan Kawah Ijen masuk wilayah Banyuwangi. Sehingga menurutnya saat ini tinggal menunggu keputusan dari Menteri Dalam Negeri, apakah nantinya mengembalikan kawasan kawah ijen masuk wilayah banyuwangi, atau justru memasukkan sebagian wilayah Kawah Ijen menjadi wilayah Kabupaten Bondowoso.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait yang ditemukan ...