Tutup Iklan X

Banyuwangi Jadi Percontohan Model Rumah Aman Gempa

Contoh Rumah Aman Gempa di Lingkungan Cungking, Kelurahan Mojopangung, Giri Banyuwangi. (Foto: Irham Banyuwangi Hits)
Contoh Rumah Aman Gempa di Lingkungan Cungking, Kelurahan Mojopangung, Giri Banyuwangi. (Foto: Irham Banyuwangi Hits)

BANYUWANGI,Banyuwangihits. – Wakil Bupati Banyuwangi H Sugirah meresmikan model rumah aman gempa yang berada di Jalan Kendang Kempul, Lingkungan Cungking Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, Selasa (25/05/21).

Rumah yang dijadikan model sebagai rumah aman gempa tersebut milik Mukhlis Edi Santoso. Rumah tersebut sudah direnovasi sedimikian rupa agar tahan terhadap gempa.

Wakil Bupati Banyuwangi H Sugirah mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan PMI Banyuwangi dan PMI Provinsi yang telah membuat model rumah aman gempa di Banyuwangi.

“langka ini  sebagai langkah antisipasi sebelum terjadinya gempa yang berdampak luas. Ini sangat inspiratif,”ujar Sugirah Selasa (25/5/2021)

Sementara itu  Kepala Divisi Penaggulangan Bencana PMI pusat Muhammad Arifin Hadi mengatakan, beberapa tujuan dibuatnya rumah aman gempa yakni untuk mengurangi dampak dari gempa, baik dampak kerugian materi maupun keselamatan nyawa bagi penghuni rumah tersebut.

“Selain itu juga untuk menanamkan mindset kepada masyarakat Banyuwangi agar waspada terhadap gempa. Sebab Banyuwangi juga merupakan satu wilayah yang rawan terhadap gempa,”Kata Arifin sapaan akrab Muhammad Arifin Hadi

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...