Tutup Iklan X

PMI Banyuwangi Latih Masyarakat Bangun Rumah Aman Gempa.

Persemian Rumah Tahan Gempa PMI Banyuwangi di Lingkungan Cungking, Kelurahan Mojopangung, Kecamatan Giri, Banyuwangi. (Foto: Hermawan Banyuwangi Hits)
Persemian Rumah Tahan Gempa PMI Banyuwangi di Lingkungan Cungking, Kelurahan Mojopangung, Kecamatan Giri, Banyuwangi. (Foto: Hermawan Banyuwangi Hits)

BANYUWANGI, Banyuwangi- Palang Merah Indonesia (PMI)  Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan melatih tukang bangunan dan masyarakat untuk perkuatan rumah agar aman gempa (Retrofitting). Sebab Wilayah Banyuwangi termasuk daerah yang rawan terjadi gempa.

Wakil Ketua 1 PMI Banyuwangi, Nurhadi mengatakan, saat ini sudah ada 4 percontohan rumah aman gempa yang dibangun di Banyuwangi. Empat unit rumah tersebut berada di wilayah Kecamatan Giri dan Kecamatan Kota Banyuwangi.

“ Daerah kita  pilihkarena rawan terjadi gempa dibanding daerah lainya di Banyuwangi,” ujar Nurhadi.

Kedepan agar bangunan rumah di Banyuwangi bisa aman gempa, PMI bekerja sama dengan  Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, untuk menggelar worksop dan pelatihan  retrofitting.

Selain masyarakat, pihaknya juga akan mengundang seluruh pengembang perumahan di Banyuwangi. Agar kedepan pengembang perumahan mempunyai konsep bangunan rumah aman gempa.

“ Ini bisa ditindak lanjuti oleh SKPD baik itu PU  Bina Marga, kemudian dari SKPD yang lain, yang terkait dengan bangunan. Misalnya asosiasi kontruksi, asosiasi perumahan untuk membuat rumah itu yang Retrofitting yang aman dari gempa bumi,” tambah Nurhadi

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...