Uang Jamaah Haji Hilang di Kamar Hotel, Manajemen Hotel Ganti Rugi

BANYUWANGIHITS.ID – Tiga jamaah haji Indonesia itu mengaku kehilangan sejumlah uang di hotel tempatnya menginap di Makkah.
Ketiganya tinggal di satu kamar yang sama. Jumlahnya berbeda-beda masing-masing jamaah haji.
Peristiwa ini terjadi setelah beberapa waktu lalu, tepatnya 15 Juli 2022 di Sektor 5, wilayah Misfalah – Makkah yang dihuni oleh jamaah haji asal Provinsi Jawa Barat.
Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Mukhammad Khanif memastikan uang jamaah haji tersebut sudah diganti oleh pihak hotel.
“Peristiwa kehilangan itu dikeluhkan oleh jamaah haji pada 15 Juli 2022. Petugas selanjutnya berkoordinasi dengan pihak manajemen hotel. Setelah dikonfirmasi, dipastikan bahwa uang jamaah haji tersebut dicuri di kamar sehingga langsung diganti pada hari itu juga oleh manajemen hotel,” tegas Khanif di Makkah.
Ada yang kehilangan SAR 2500, SAR 900, dan SAR 100. Selain itu, salah satu jamaah haji juga kehilangan tas kecil dan beberapa dokumen penting yang ada di dalamnya.
“Jadi total yang hilang 3.500 Riyal atau sekitar 14 juta rupiah. Tidak sampai 30 juta rupiah sebagaimana yang disebutkan dalam video yang beredar. Semuanya sudah diganti oleh manajemen hotel dan uangnya sudah langsung diterima jamaah,” jelas Khanif.
Penggantian dilakukan pada hari yang sama. Pihak manajemen hotel sebelumnya meminta penjelasan kronologis dari jamaah haji, lalu menghitung jumlah kerugian dan langsung diberi uang pengganti.
Khanif mengapresiasi komitmen manajemen hotel untuk mengganti uang jamaah haji yang hilang. Hal itu sejalan dengan perjanjian kontrak sewa akomodasi yang sudah disepakati sejak awal.
Dalam salah satu klausul kontrak disebutkan, apabila ada kehilangan dalam kamar jamaah atau hotel karena dicuri, maka pihak manajemen akan bertanggungjawab terkait kehilangan tersebut.
“Alhamdulillah, manajemen komitmen dan hari itu langsung memberikan ganti,” tuturnya dikutip dari situs Kemenag.
Khanif mengimbau kepada jemaah haji Indonesia untuk melaporkan kepada petugas jika mengalami kehilangan di kamar atau hotel. Dengan begitu, petugas dapat menindaklanjuti kepada manajemen hotel untuk diproses sebagaimana yang diatur dalam kontrak kerja sama. Jika memang hilang karena dicuri, tentu akan diganti.
“Peristiwa ini bisa menjadi pelajaran bersama. Sebaiknya jika ada kehilangan, segera saja melapor ke petugas untuk ditindaklanjuti dengan pihak manajemen hotel,” tegasnya. (RED/YAT)