Tutup Iklan X

Ratusan Anak Muda Banyuwangi Dapat Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Gratis

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah Memasangkan id card Pelatihan kepada peserta pelatihan di BLK Banyuwangi. ( Foto: dok HUMAS Pemkab Banyuwangi/ Banyuwangi Hits)
Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah Memasangkan id card Pelatihan kepada peserta pelatihan di BLK Banyuwangi. ( Foto: dok HUMAS Pemkab Banyuwangi/ Banyuwangi Hits)

BANYUWANGI, Banyuwangihits –Untuk memudahkan dan mampu bersaing di dunia kerja, ratusan anak muda Banyuwangi mendapat pelatihan dan sertifikasi kompetensi secara gratis, di Balai Latihan Kerja (BLK) Banyuwangi.

Materi pelatihan meliputi front office/receptionist, servis sepeda motor injeksi, asisten pembuat pakaian, pembuatan roti dan kue, pengolahan buah, pembudidayaan hidroponik. Ada juga desain grafis, network profesional, menjahit dengan mesin lockstich, pengelasan Shield Metal Arc Welding (SMAW) 3G, Tour Guide, dan Waiters.

Pelatihan dan sertifikasi kompetensi gratis ini diikuti oleh 208 anak-anak muda dari 25 kecamatan di Banyuwangi, digelar selama 1,5 bulan.

Diawali dengan pendidikan karakter, kedisiplinan dan sikap kerja yang baik, dilanjutkan pelatihan mulai tatap muka di kelas, diskusi, praktik di workshop dan kunjungan industri dengan melibatkan instruktur yang kompeten dari dunia usaha dan industri.

Pelatihan dan sertifkasi gratis ini kolaborasi Pemkab Banyuwangi bersama Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). “Penyiapan tenaga kerja melalui pelatihan untuk meningkatkan skill ini bisa menjadi lompatan bagi perekonomian Banyuwangi. Diharapkan peserta pelatihan nantinya juga bisa menjadi pembuka lapangan kerja seperti pelaku UMKM yang saat ini sedang giat didorong oleh Pemkab Banyuwangi,” kata Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah, saat membuka pelatihan, Rabu (2/6/2021).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...