Tutup Iklan X

Pendopo Semar Nusantara Gelar Sedekah Bumi

Pendopo Semar Nusantara di Dusun Krajan, Desa Tampo, Kecamatan Cluring Banyuwangi, saat Gelar Sedekah Bumi, Minggu (11/12). Jaenudin/Banyuwangihits.id

BANYUWANGIHITS.ID – Pendopo Semar Nusantara (PSN) di Dusun Krajan, Desa Tampo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi menggelar sedekah bumi.

Acara sedekah bumi di hadiri oleh, pengurus dan anggota Pendopo Semar Nusantara, anggota dewan, Kades Tampo dan Kades Cluring, Kanit Intelkam Polsek Cluring, serta sejumlah warga.

Gus Fahru menyampaikan, sedekah bumi merupakan ucapan rasa syukur kepada alam semesta ciptaan Allah SWT yang telah memberikan banyak sekali manfaat bagi umat manusia serta makhluk hidup.

“Mari kita menjaga kelestarian alam, sebagai kholifah di bumi jangan seenaknya merusak alam agar semesta bersahabat dengan para makhluk,” pesannya.

Ketua Pendopo Semar Nusantara Mbah Uny mengungkapkan, sekarang ini jarang sekali anak muda sebagai generasi penerus yang mengenal dengan nguri nguri budaya.

“Acara ini saya adakan setahun sekali sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Acara sedekah bumi dipercaya berawal dari penyebaran agama Islam di Tanah Jawa dengan media wayang kulit oleh Sunan Kalijaga.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...