Tutup Iklan X

PIPD Hampir Dipastikan Amankan Posisi Ketua di DPRD Banyuwangi

 

Banyuwangihits.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum merilis perolehan kursi masing-masing parpol di DPRD Banyuwangi pada Pemilu 2024. Namun, berdasarkan hasil penghitungan manual menggunakan metode sainte lague, komposisi pimpinan DPRD Banyuwangi nyaris dipastikan tetap dalam genggaman empat parpol peraih kursi pimpinan dewan periode 2019-2024.

Di posisi puncak ada PDIP yang berhasil meraih 11 kursi dan hampir dipastikan akan mempertahankan kursi ketua DPRD Banyuwangi untuk epriode lima tahun ke depan. Posisi kedua ditempati PKB yang memperoleh 9 kursi sehingga berhak mendapat jatah wakil ketua I DPRD Banyuwangi.

Di urutan ketiga dan keempat, masing-masing diraih Partai Demokrat dan Golkar. Keduanya sama-sama mendapat tujuh kursi. Namun, berdasarkan total perolehan suara, Demokrat lebih banyak dibanding Golkar. Oleh karena itu, Demokrat mendapat jatah kursi wakil ketua II, sedangkan Golkar menempati kursi wakil ketua III DPRD Banyuwangi.

Selanjutnya, ada tiga partai lain yang juga berhasil meraih kursi dewan, yakni NasDem, Gerindra, dan PPP.

Sama dengan Demokrat dan Golkar, NasDem juga berhasil meraih 7 kursi. Namun, NasDem hampir pasti gagal menempatkan anggotanya pada kursi pimpinan dewan lantaran jumlah suara yang diraih kalah dibandingkan Demokrat dan Golkar.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...