Tutup Iklan X

Ribuan Ikan di Pantai Boom Melompat ke Daratan, Ada Apa?

Warga bersama sama memunguti ikan yang melomat ke daratan Pantai Boom Banyuwangi. (Foto : Mohammad Ikhwan Banyuwangihits.id)

 

BANYUWANGI, Banyuwangihits – Sebuah video amatir merekam ribuan ikan melompat di Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam video tersebut kegembiraan warga juga terdengan sembari memunguti ikan untuk dikumpulkan menggunakan wadah.

Viralnya video ribuan ikan melompat di darat ini, membuat Jurnalis Banyuwanhihits.id  memgkonfirmasi Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi Suryono Bintang Samudera. Pihanya menyebut kejadian ikan melompat di daratan tidak ada kaitannya sebuah pertanda bencana alam.

” Sebenarnya itu bukan fenomena alam, mungkin karena permukaan airnya yang panas dan musim plankton sehingga ikan-ikan tersebut melompat-lompat ke daratan,” katanya, Selasa (10/8/2021).

Meenurut Suryono, terbangnya ikan di daratan juga daoat dipicu adanya predatar yang akan memangsa ikan berukuran kecil tersebut. Mengingat ikan yang melompat-lompat di video berjenis Sempenit yang notabene adalah makanan ikan lumba-lumba.

” Karena ikan Sempenit ini kan ikan Lemuru kecil hidupnya bergerombol, apalagi sekarang sedang musim dan ikan itu kesukaan ikan lumba-lumba,” Ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...