Tutup Iklan X

Setelah 3 Tahun Absen, Ritual Adat Kebo-keboan kembali Digelar

Prosesi Ider Bumi dalam Ritual Adat Kebo-keboan Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (30/07). Foto: Putri Wulan/Banyuwangihits.id

 

Banyuwangihits.id – Setelah absen 3 tahun akibat pandemi, Ritual Adat Kebo-keboan ahirnya digelar kembali pada Minggu (30/07/23).

Tak pelak ribuan pengunjung memadati jalanan Dusun Krajan, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi.

Tak hanya dari kalangan masyarakat umum saja, beberapa pejabat juga hadir dalam kegiatan yang rutin digelar setiap bulan Muharram atau oleh masyarakat Jawa disebut Bulan Suro.

Tampak dalam acara ini Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Ketua Askab Banyuwangi Anton Sujarwo beserta Rombongan, juga sejumlah tokoh publik lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Banyuwangi mengatakan bahwa Pemkab sangat mendukung diadakannya kegiatan ini karena merupakan bentuk Ikhtiar kepada Tuhan.

“Ritual ini merupakan agenda tahunan yang merupakan bentuk ikhtiar masyarakat kepada Tuhan sehingga ritual ini mengandung makna yang baik,” ujarnya.

Ipuk juga menambahkan, seraya berdoa, niat doa masyarakat Alasmalang dapat dikabulkan dengan diadakannya kegiatan tersebut.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...