Tutup Iklan X

Stadion Diponegoro Ikon Rumah Sepakbola Banyuwangi

Redaksi Banyuwangihits.id

BANYUWANGIHITS.ID – Stadion Diponegoro yang berada di Jl. Agung Suprapto, Kelurahan Panganjuran, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, menjadi ikon tersendiri khususnya bagi persepakbolaan di wilayah kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa.

Kebanggaan tersendiri bagi Laros (Julukan Suporter Persewangi) mempunyai stadion megah yang sering dipakai bertanding. Stadion Diponegoro mempunyai daya tampung dengan kapasitas 15.000 orang.

Peresmian penggunaan Stadion Diponegoro disahkan pada tahun 2015 silam. Lapangan yang dipakai bertanding Persewangi ini pernah direnovasi pada tahun 2014 untuk menyambut pagelaran Pekan Olahraga Provinsi V Jatim 2015.

Pelaksanaan renovasi melibatkan arsitek nasional, Budi Pradono. Dengan mengangkat desain tradisional dan modern, bagian depan pintu masuk Stadion Diponegoro dibuat seperti Omprok (topi penari Gandrung).

Selain itu, desain dinding luar stadion terbuat dari baja ringan yang berukirkan penari Gandrung dengan berbagai pose tari. Memang Gandrung menjadi ikon yang melekat bagi Kabupaten Banyuwangi, sehingga desain stadion dibuat seperti itu.

Pihak Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelontorkan dana 12 miliar dari APBD untuk merenovasi ulang stadion tersebut. Ada banyak fasilitas yang ada di dalamnya, seperti toilet, mushola, kantin, hingga ruang ganti.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...