Tutup Iklan X

Tim Gegana Polda Jatim Akhirnya Ledakkan Benda Mirip Granat di Banyuwangi

Kapolsek Pesanggaran dan Tim Gegana Brimob Polda Jatim saat Hendak Meledakkan Benda Mirip Granat, Selasa (21/12). Jaenudin/Banyuwangihits.id

BANYUWANGIHITS.ID – Sebanyak  206 benda mirip granat yang ditemukan di Perkebunan PTPN XII Sumber Jambe, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, akhirnya diledakkan Tim Gegana Polda Jatim.

Kapolsek Pesanggaran, AKP Subandi mengatakan, Tim Gegana Polda Jatim tiba di lokasi sekitar pukul 16.00 WIB. Peledakan dilakukan karena benda tersebut merupakan peledak aktif.

Setibanya di lokasi, 5 orang Tim Gegana yang dipimpin oleh IPTU Agus Hariono langsung melakukan pemeriksaan ratusan benda logam yang mirip granat tersebut. Rupanya benda-benda itu bukanlah granat, melainkan mortir bulat.

Mortir bulat merupakan amunisi dari senjata meriam yang sering digunakan pada masa penjajahan dulu.

“Setelah diperiksa ternyata itu bahan peledak aktif. Bukan jenis granat, melainkan mortir bulat. Itu amunisi meriam. Kondisinya masih aktif,” kata Subandi kepada wartawan, Senin (20/12/2021).

Tim Gegana langsung melakukan disposal untuk selanjutnya dilakukan peledakan. Peledakan dilakukan tak jauh dari lokasi penemuan awal, yakni di Perkebunan Sumber Jame milik PTPN XII.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...