Tutup Iklan X

Timnas Anies-Cak Imin Tolak Debat Capres-Cawapres Menggunakan Bahasa Inggris

Ketua Dewan Pakar Timnas Amin, Hamdan Zoelva Saat Ditemui di Menteng, Jakarta, Kamis (07/12). Foto: Tangkap Layar/Kompas.com

 

Banyuwangihits.id – Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tidak menyetujui usulan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka perihal debat capres-cawapres menggunakan Bahasa Inggris. Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pakar Timnas Anies-Cak Imin, Hamdan Zoelva saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (07/12/23).

Meski pihaknya tidak menyetujui, Hamdan meyakini Anies-Cak Imin siap jika diadu berbicara dengan Bahasa Inggris.

“Kami tidak setuju. Harus pakai bahasa Indonesia. Walaupun kalaupun jadi bahasa Inggris, saya yakin bolehlah beradu bahasa Inggris,” ujar Hamdan.

Hamdan menyinggung Undang-Undang (UU) yang mengatur tentang bahasa. Dalam UU tersebut, dijelaskan bahwa pidato presiden di luar negeri harus menggunakan Bahasa Indonesia. Ia melanjutkan, perjanjian-perjanjian bisnis yang menggunakan Bahasa Inggris juga harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

“Jadi ada semangat dari negara kita untuk menjadikan bahasa Indonesia ini, di samping bahasa orang Indonesia menjadi bahasa dunia,” tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...