Tutup Iklan X

Difabel di Banyuwangi Didorong Mandiri Ekonomi

Penyandang Difabel di Banyuwangi Dilatih Kerajinan Bambu. (Foto: Istimewa/Hermawan Banyuwangihits)
Penyandang Difabel di Banyuwangi Dilatih Kerajinan Bambu. (Foto: Istimewa/Hermawan Banyuwangihits)

BANYUWANGI- Penyandang disabilitas di Banyuwangi,  diberi ruang untuk memulai bisnis melalui usaha kerajinan tangan. Mereka diberi pelatihan intensif mulai tahap awal hingga mahir dalam membuat kerajinan tangan berbahan dasar bambu itu.

Secara perlahan sejumlah penyandang difabel yang ikut dalam pelatihan tersebut, diajari mulai cara mengiris bambu, menyusun, melipat, dipoles pakai pewarna, hingga jadi kerajinan tangan yang menarik.

Kegiatan ini diwadahi oleh Komunitas Aura Lentera Banyuwangi. Pelatihan berlangsung selama dua hari sejak Minggu, 25 April 2021 sampai Senin, 26 April 2021 di Umah Using, Kantor Camat Banyuwangi.

“Target kedepannya kegiatan ini adalah kemandirian untuk teman-teman difabel. Jadi mereka ini akan terus didampingi hingga benar-benar bisa membuat keterampilan tersebut,” kata Misnanto, bagian Bidang SDM Aura Lentera Banyuwangi, kepada media.

Menurutnya, karena waktu pelatihan yang sangat terbatas. Mereka langsung diajari bagaimana membuat produk.

“Pada saat pelatihan hari keduanya mereka sudah bisa membuat produk. Meski demikian tetap akan kita dampingi sampai nanti mereka benar-benar bisa mandiri,” ungkapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait yang ditemukan ...