Tutup Iklan X

Hari Raya Idul Fitri, Ratusan Warga Binaan Lapas Kelas IIA Banyuwangi Mendapat Pengurangan Masa Pidana

 

Banyuwangihits.id – Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyaratakan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi mendapatkan remisi atau pengurangan masa pidana. Bahkan, tiga di antaranya dibebaskan.

Surat Keputusan Remisi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan diserahkan oleh Kepala Lapas Banyuwangi, Agus Wahono setelah pelaksanaan Sholat Idul Fitri yang berlangsung di Lapangan Tenis Blok Timur, Rabu (10/04/24).

Remisi Idul Fitri merupakan remisi yang bersifat khusus, sehingga hanya warga binaan yang beragama Islam yang berhak menerima. Sedangkan, bagi warga binaan yang beragama lain akan mendapatkan hak remisi khusus pada perayaan hari raya keagamaan masing-masing.

Agus memaparkan, sebanyak 603 warga binaan menerima remisi sesuai dengan yang telah diusulkan sebelumnya ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Dari angka tersebut, 600 warga binaan menerima RK I atau pengurangan masa pidana dan 3 warga binaan menerima RK II atau bisa langsung bebas.

“Pada tahun ini, 603 Warga Binaan kami mendapatkan remisi hari raya Idul Fitri, ada 3 Warga Binaan yang bisa langsung bebas karena masa pidananya telah habis setelah dikurangi remisi yang diterima,” kata Agus.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...