Tutup Iklan X

Hebat, Desa Sarongan Banyuwangi Raih Juara Desa Tangguh Bencana Tingkat Provinsi Jatim

Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Sarongan Bersama BPBD Kabupaten Banyuwangi saat Berada di Pesisir Pantai Desa Sarongan. (Foto : Istimewa)

BANYUWANGIHITS.ID – Kabar menggembirakan dirasakan oleh masyarakat Banyuwangi, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran khususnya. Dimana desa yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, mencatat hasil luar biasa selama 2 Tahun berturut-turut. Apa itu? Juara jenjang utama lomba Desa Tangguh Bencana (Destana) yang digelar BPBD Provinsi Jawa Timur,

“Alhamdulillah, ini berkat perjuangan dan kerja keras seluruh tim mitigasi bencana dan masyarakat,” kata Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Sarongan, Agus Salim Afandi, Jumat (22/10/21).

Meski meriah juara, namun belum menjadikan FPRB puas untuk melakukan upaya mitigasi bencana. Lebih dari itu, pengurangan resiko terhadap dampak bencana alam yang sesungguhnya adalah yang paling penting.

“ Perlombaan tersebut, sebenarnya bukan siapa yang menang dan kalah. Lomba ini bertujuan untuk menambah kapasitas relawan Destana agar benar-benar siap dalam penanganan bencana,” ungkap Agus Salim.

Ada enam kriteria dalam perlombaan tersebut, yaitu kesehatan, data anggaran oleh pemerintah desa, jalur evakuasi, sosialisasi ke masyarakat, rambu-rambu dan peta rawan bencana, dan juga fasilitas keselamatan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...