Tutup Iklan X

Keren, Masker Bekas di Banyuwangi Disulap Jadi Pot Bunga

Proses Pembuatan Pot Bunga dari Masker Bekas dan hasil Pot Bunga. (Foto : Ikhwan Banyuwangihits.id)

 

BANYUWANGIHITS.ID – Ciptakan pot bunga dari limbah masker, tentunya ide ini diharapkan dapat mengurangi sampah masker yang menjadi bagian hidup manusia di tengah pandemi.

Koordinator Bank Sampah Banyuwangi Agus Supriadi mengatakan, dalam persoalan limbah masker masyarakat maupun organisasi lingkungan juga harus ikut bersama-sama memikirkan. Pasalnya, masker yang sudah menjadi bagian dari kehidupan seluruh manusia dimasa pandemi akan menjadi PR besar kita bersama.

” Berdasarkan hal itu, Bank Sampah Banyuwangi mencoba melakukan upaya preventif. Dengan cara merubah limbah masker itu menjadi produk lain yang memiliki nilai guna. Salah satu upaya yakni menggubahnya menjadi pot bunga,” katanya, Senin (20/9/2021).

Masih Agus Supriadi, pengolahan limbah masker ini memang sudah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tujuannya untuk mengatasi banyaknya permasalahan sampah masker yang ada di masyarakat. Tentunya hanya sampah masker dari masyarakat bukan sampah masker medis.

” Bank sampah kita ini sudah melakukan pengolahan ini sejak empat bulan lalu. Perhari yang kita terima dan kita olah itu sebanyak enam kilo gram atau sekitar dua ribu masker,” ucap pria yang akrab disapa Agus.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...