Tutup Iklan X

Lahirkan Berbagai Inovasi, Pokmaswas dan KUB Dapat Apresiasi Dinas Kelautan Kabupaten Banyuwangi

 

Banyuwangihits.id – Kepala Dinas Perikanan kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, berikan apresiasi pada Kelompok Masyarakat Pengawas Perikanan (Pokmaswas) dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang lahirkan inovasi serta berdampak pada ekonomi lingkungan.

Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi, Alief Rachman Kartiono saat kegiatan Jaring Aspirasi Para Pokmaswas se-Kabupaten Banyuwangi di TPI Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Senin (27/11/23).

“Kami sangat mengapresiasi Pokmaswas dan KUB yang sering menghadirkan inovasi,” ucap Alief Rachman Kartiono.

Kepala Dinas yang akrab disapa Alief mengatakan, terlebih kegiatan yang digelar untuk terus membangun komunikasi antar Pokmaswas di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Dari forum tersebut Pokmaswas dan KUB dapat bertukar inovasi yang dihadirkan di masing-masing wilayahnya.

“Seperti salah satu Pokmaswas yang punya kegiatan mengumpulkan sampah, mendaur ulang sampah, kemudian menjadi sirkel ekonomi yang berputar dan mendatangkan penghasilan. Nantinya penghasilan dapat memberikan nilai tambah penghasilan bagi anggota kelompok nelayan. Seperti halnya di Pantai Cemara,” katanya.

Masih Alif, seperti halnya konservasi penyu di Pantai Cemara serta konservasi terumbu karang di Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, juga menjadi contoh kegitan inovatif yang lahir dari nelayan kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...