Tutup Iklan X

Hadapi Lonjakan Covid-19, Banyuwangi Tambah Bed dan Usul Tambahan RS Rujukan

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (Foto: dok HUMAS Pemkab Banyuwangi/ Banyuwangi Hits)
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (Foto: dok HUMAS Pemkab Banyuwangi/ Banyuwangi Hits)

BANYUWANGI, Banyuwangihits– Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi terus mengambil langkah antisipatif terkait meningkatnya lonjakan kasus covid 19. Mulai dari menambah kapasitas bed perawatan di rumah sakit hingga mengusulkan tambahan jumlah rumah sakit rujukan covid-19. Selain itu, tempat isolasi terus diperkuat untuk mengurangi beban RS.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, rumah sakit rujukann di Banyuwangi telah menambah bed. Seperti RSUD Blambangan yang menambah 34 bed, dan RSUD Genteng 24 bed. Penambahan bed tersebut diiringi dengan tambahan rekrutmen relawan tenaga kesehatan.

”Jadi tambah bed ini kan bukan soal bed-nya saja, tapi juga ketersediaan tenaga kesehatannya. Jadi kita siapkan pararel. Bed sudah ditambah, dan kemarin juga ada tambahan rekrutmen relawan tenaga kesehatan,” ujar Ipuk usai meninjau gudang penyedia tabung oksigen, PT Samator, di Banyuwangi, Jumat (9/7/2021).

“RSUD Blambangan bahkan mengalihfungsikan beberapa ruangannya untuk ruang perawatan covid-19. Ini BOR (bed occupancy rate) memang terus meningkat, secara rata-rata sudah 80 persen, makanya kita perlu ada tambahan bed,” kata Ipuk.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...