Tutup Iklan X

Kunjungi Banyuwangi, Komisi X DPR RI Gali Pengembangan Wisata

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (Tengah) Menerima Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI  di Pendopo Sabaha Swagata Blambangan Banyuwangi. (Foto: dok HUMAS Pemkab Banyuwangi/ Banyuwangi Hits)
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (Tengah) Menerima Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI di Pendopo Sabaha Swagata Blambangan Banyuwangi. (Foto: dok HUMAS Pemkab Banyuwangi/ Banyuwangi Hits)

BANYUWANGI, Banyuwangihits – Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi untuk menggali pengembangan desa wisata di Indonesia.

Selama di Banyuwangi, mereka mengunjungi Desa Kemiren di Kecamatan Glagah Banyuwangi sekaligus menggelar dialog dengan para pelaku wisata.

Saat mengunjungi Desa Wisata Kemiren, Muhammad Nur Purnamasidi, ketua rombongan menjelaskan kunjungan kerja spesifik kali ini terkait pengembangan wisata daerah, khususnya desa wisata.  Dengan turun langsung ke daerah pihaknya berharap bisa mendapatkan masukan dan saran untuk optimalisasinya.

“Desa Wisata merupakan salah satu program unggulan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menjadi mitra dari Komisi X. Untuk itu kami tengah mencari masukan dan saran sebanyak-banyaknya langsung dari para pelaku wisata di daerah tentang apa saja yang perlu dilakukan,” ujar Nur.

Dia menambahkan Banyuwangi telah memiliki desa wisata, yakni Desa Kemiren yang mayoritas dihuni suku Osing, suku asli di Banyuwangi. Desa ini, kata dia, masih menjaga otensitas lokalnya mulai dari bangunan rumah tradisional hingga tradisi budaya yang tetap terjaga.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...