Tutup Iklan X

Hujan di Musim Kemarau di Banyuwangi Diprediksi Hingga Juli

Prekirawan BMKG Banyuwangi Dita Purnamasari. (Foto: Ikhwan Banyuwangi Hits)
Prekirawan BMKG Banyuwangi Dita Purnamasari. (Foto: Ikhwan Banyuwangi Hits)

BANYUWANGI, Banyuwangihits – Guyuran hujan di musim kemarau diprediksi masih melanda Kabupaten Banyuwangi hingga beberapa hari kedepan. Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan berlangsung hingga awal Juli.

Prakirawan BMKG Banyuwangi Dita Purnamasari menyebut bila hal itu akibat  menghangatnya suhu muka laut yang memicu tingginya pembentukan awan hujan.

“Suhu muka laut yang masih hangat dan hal itu yang mengakibatkan pembentukan awan konvektif atau awan hujan. Curah hujan kedepan terbilang ringan hingga sedang, terjadinya juga bervariasi bisa pagi, malam hingga dini hari” kata Dita sapaan akrabnya, Senin (28/6/2021).

Selain hujan, peningkatan suhu muka laut yang terjadi saat ini turut berdampak pada tingginya gelombang air laut. Sehingga hal itu perlu menjadi perhatian yang harus diwaspadai.

“Tinggi gelombang diperairan selatan Banyuwangi hingga kini berkisar di tiga sampai empat meter. Sedangkan di Selat Bali setengah hingga satu meter,” pungkasnya.

Akan tetapi, kata Dita, peristiwa ini merupakan fenomena yang umum terjadi saat pergantian musim. Sehingga  dia menghimbau agar masyarakat tidak  khawatir.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...