Tutup Iklan X

Seblang Olehsari, Ritual Magis Suku Osing Banyuwangi

 

Banyuwangihits.id – Masyarakat Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi menggelar Ritual Seblang. Ritual digelar selama tujuh hari berturut-turut, yakni mulai Senin (15/04/24) hingga Minggu (21/04/24).

“Saya sangat senang banyak yang meminati seni tradisi dan budaya Banyuwangi. Ini menunjukkan masyarakat Banyuwangi bangga dengan budayanya,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Rabu (17/04/24).

Bupati Ipuk mengatakan, ritual sakral yang digelar secara turun-temurun tersebut merupakan salah satu tradisi adat Masysrakat Osing dalam mengungkap rasa syukur.

“Budaya ini harus terus dilestarikan, sehingga tidak hanya menjadi tradisi masyarakat Olehsari saja, tetapi juga bisa dinikmati masyarakat luas dan wisatawan,” ujar Ipuk.

Penari Seblang tahun ini Dwi Putri Ramadani. Ia merupakan keturunan dari penari seblang terdahulu. Ini merupakan tahun kedua bagi gadis berusia 20 tahun itu ditunjuk sebagai penari Seblang Olehsari menggantikan penari sebelumnya Susi Susanti yang terakhir menari tahun 2022 lalu.

Penari Seblang akan menari di pentas bundar mengikuti iringan musik tradisional Banyuwangi dalam kondisi trance (kesurupan) dengan mata tertutup selama 7 hari berturut-turut. Penari menggunakan aksesoris berupa krincing (gelang kaki) dan ompok (hiasan kepala) yang terbuat dari janur, daun pisan muda, dan bunga segar.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...