Tutup Iklan X

Dinkes Banyuwangi Gandeng Polresta Adakan Screening HIV Bagi Ratusan Napi

Proses Tes HIV di Mapolresta Banyuwangi. (Foto :Ikhwan Banyuwangihits)
Proses Tes HIV di Mapolresta Banyuwangi. (Foto :Ikhwan Banyuwangihits

BANYUWANGI – Dalam upaya menjaga Banyuwangi bebas HIV, Dinas Kesehatan setempat gandeng Polresta adakan Screening HIV. Sedikitnya ada 162 narapidana menjadi target tes HIV yang berlangsung di Mapolresta setempat, Rabu (21/4/2021).

Kepala Dinkes Banyuwangi melalui Kasi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (P2PM), Sudarto Setyo mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif Dinkes. Hal ini muncul karena belum lama ini Polresta Banyuwangi telah melakukan operasi pekat semeru.

Terlebih, dari hasil operasi penyakit masyarakat tersebut polisi berhasil mengamankan ratusan tersangka dengan berbagai kasus tindak pidana.

“Kami dari dinas kesehatan berinisiatif untuk bertemu dengan Polresta, berkoordinasi untuk melakukan skrining dan tes HIV di beberapa faktor resiko yang dilakukan kegiatan oleh Polresta,” ujar Sudarto.

Total ada 162 tahanan yang menjalani skrining dan tes HIV. Pemeriksaan tersebut dilakukan oleh tenaga kesehatan dari 8 Puskesmas.

“Sebanyak 162 tahanan itu kemudian dilakukan skrining dan tes HIV. Dilakukan oleh 8 Puskesmas wilayah Banyuwangi Kota. Kemudian dari 162 yang diperiksa hasilnya non reaktif,” terang Sudarto.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait yang ditemukan ...