Tutup Iklan X

Angkat Potensi Lokal Pemuda Bangunsari Bentuk Sanggar Seni

Salah Satu penari Dari Sanggar Seni Mandono Sroyo Desa Bangunsari, Menari Jejer Gandrung. (Foto: Ikhwan Banyuwangi Hits).
Salah Satu Penari Dari Sanggar Seni Mandono Sroyo Desa Bangunsari, Menari Jejer Gandrung. (Foto: Ikhwan Banyuwangi Hits).

BANYUWANGI – Pemuda Desa Bangunsari, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi membentuk sanggar seni untuk mengangkat potensi lokal. Sanggar yang diberi nama Mandono Sroyo itu fokuskan untuk menjaring embrio-embrio baru yang kedepannya akan mengembangkan potensi seni diwilayah tersebut.

Pendamping Sanggar Seni Mandono Sroyo Nurhakiki mengatakan, kehadiran sanggar ini sebagai sarana belajar anak untuk berkesenian sejak dini. Hal itu dilakukan agar anak-anak bisa lebih mengenal seni dan budaya diwilayahnya sendiri.

“Wadah kesenian di Desa Bangunsari memang kami prioritaskan sejak masih anak-anak. Selain literasi juga supaya anak-anak tidak melupakan kebudayaan-kebudayaan asli Banyuwangi,” kata Kiki sapaan akrabnya, Jum’at (9/4/2021).

Menurut Kiki, kesenian menjadi pondasi penting sebagai tonggak dalam membangun jati diri dan karakter pada anak. Sehingga ia berharap besar agar kesenian dan kebudayaan tradisional kedepan tetap terus lestari.

“Apalagi di Desa Bangunsari ini alat kesenian sudah tersedia, dari pada anak-anak hanya bermain sesuatu hal yang kurang bermanfaat, jadi kita kader, kita ajak untuk bermain kesenian,” ungkapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait yang ditemukan ...