Tutup Iklan X

Tadarus Al-Qur’an Raksasa di Banyuwangi Menginjak Tahun ke-11

Jamaah Masjid saat Melakukan Tadarus Al-Qur'an Raksasa di Masjid Agung Baiturrahman, Banyuwangi. (Foto: Ikhwan Banyuwangihits)
Jamaah Masjid saat Melakukan Tadarus Al-Qur’an Raksasa di Masjid Agung Baiturrahman, Banyuwangi. (Foto: Ikhwan Banyuwangihits)

BANYUWANGI – Tradisi rutin tadarus Al-Qur’an raksasa di Masjid Agung Baiturrahman sudah menginjak tahun ke-11, terhitung sejak Al-Qur’an tersebut datang pada tahun 2010 silam.

Iwan Ajis Siswanto Sekretaris Takmir  Masjid Agung Baiturrahman mengatakan, bila tadarus Al-Qur’an raksasa yang dengan ukuran panjang dan lebarnya mencapai 2 x 1,5 meter dimulai sejak tahun 2010 atau tepatnya pada malam 27 ramadan.

“Sejak saat itu hingga saat ini tradisi itu kita lakukan. Namun tadarus  kali ini sedikit berbeda karena massa pandemi. Para jamaah yang bertadarus harus mentaati protokol kesehatan, menjaga jarak dan takmir juga membatasi jumlah jamaah tadarus,” katanya, Jum’at (16/4/2021).

Kata Iwan  tadarus Al-Qur’an ini menjadi tradisi yang dilakukan setelah diadakannya sholat tarawih. Setiap malamnya orang silih berganti membacakan Al-Qur’an raksasa tersebut.

“Jadi tadarus Al-Qur’an ini akan kita laksanakan hingga nanti malam ke 27 dan insyaallah setiap malam ini kita akan membaca hingga 3 juz dan insyaallah dalam satu bulan itu bisa 3 kali hataman,” ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Berita Terkait