Tutup Iklan X

Asal-Usul Kota Banyuwangi, Antara Sejarah dan Legenda.

Patung Prabu Tawangalun Bersama Macan Putih di Desa Macan Putih, Yang Dulu Pernah Menjadi Kerajaan Blambangan. ( Foto: Hermawan Banyuwangi Hits)
Patung Prabu Tawangalun Bersama Macan Putih di Desa Macan Putih, Yang Dulu Pernah Menjadi Kerajaan Blambangan. ( Foto: Hermawan Banyuwangi Hits)

BANYUWANGI, Banyuwangihits-Kabupaten Banyuwangi, merupakan Kabupaten yang terletak di ujung Timur Pulau Jawa. Daerah ini dikelilingi oleh pegunungan  dan hutan disebalah barat, Sebelah timur laut, dan sebelah utara di kelilingi hutan Taman Nasional Baluran dan sebelah Selatan  hutan lindung Taman Nasional Alas Purwo.

Banyuwangi  dipisahkan oleh Selat Bali, dengan  luas wilayah 5.782,4 km2, menjadikan kabupaten ini yang terluas di Pulau Jawa. Menjadi kabupaten terluas, Banyuwangi, menyimpan sejarah dan legenda yang terkenal., Diantaranya sejarah kerjaan Blambangan  yang dipimpin Prabu Tawangalun, atau legenda  pangeran Sidopokso dan Putri Sritanjung  yang menjadi cikal, bakal munculnya kota Banyuwangi pada  abat ke 16.

Asal -Usul Kota Banyuwangi Dalam sejarah.

Pemerhati Sejarah Banyuwangi Yeti Chotimah menyebut, Asal kota Banyuwangi, memang tidak bisa dilepaskan dari kerajaan Blambangan, bahkan kata dia, sejarah mencatat  nama Banyuwangi ini merupakan nama  salah satu daerah  pada jaman kerajaan Blambangan yaitu,  Tirtoarum atau juga Banyuwangi.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait yang ditemukan ...