Tutup Iklan X

Banyuwangi Batik Festival, Wujud Pemkab Lestarikan Ekosistem Batik Lokal

Banyuwangi Batik Festival 2023

 

Banyuwangihits.id – Gelaran Banyuwangi Batik Festival (BBF) merupakan salah satu wujud konsistensi Pemkab Banyuwangi dalam mengembangkan ekosistem batik lokal. Tahun ini, gelaran yang sudah berjalan selama satu dekade itu diselenggarakan di Creative Hub, Terminal Pariwisata Terpadu mulai Jumat 20 Oktober hingga Sabtu 21 Oktober 2023.

Konsistensi tersebut kini mulai membuahkan hasil. Industri dan gerai batik semakin tumbuh, sejalan dengan banyaknya desainer-desainer muda yang bermunculan. Terlebih, motif batik Banyuwangi juga semakin berkembang dan dieksplorasi dari potensi kekayaan yang dimiliki Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, BBF bukan hanya sekadar fashion show, namun merupakan upaya Banyuwangi dalam menumbuhkan ekosistem batik di Banyuwangi.

“BBF bukan sekedar peragaan busana, namun ini adalah memicu lebih pesat pengembangan industri batik Banyuwangi. Tidak hanya di ujungnya saja. Tapi, dari hulu ke hilir. Dari produksi hingga bisa berupa pakaian jadi,” kata Bupati Banyuwangi dalam acara BBF Sabtu (21/10/23) malam.

Selama sepuluh tahun terakhir, pemkab gencar menggelar pelatihan dan mendatangkan pelaku industri batik nasional hingga desainer nasional ke Banyuwangi. Hal itu dilakukan untuk melatih Indukstri Kecil Menengah (IKM) batik Banyuwangi.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...