Tutup Iklan X

Sukses Digelar, Festival Gandrung Sewu 2023 Tuai Decak Kagum

Festival Gandrung Sewu Digelar di Pantai Boom, Banyuwangi, Sabtu (16/09). Foto: Redaksi Banyuwangihits.id

 

Banyuwangihits.id – Festival Gandrung Sewu 2023 sukses digelar di Pantai Boom, Banyuwangi, Sabtu (16/09/23). Pertunjukan kolosal yang ditampilkan 1.200 penari gandrung dan 150 talenta pendukung menuai decak kagum ribuan wisatawan, dari dalam maupun luar negeri.

Dihadiri langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indarparawansa, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, serta Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas, festival yang rutin digelar sejak 2012 tersebut tahun ini mengusung tema “Omprog: The Glory of Art”.

Omprog sendiri merupakan mahkota penari gandrung yang setiap bagiannya sarat akan makna. Ada pilisan, bathukan, ombyok, kether, nanasan, serta gatutkaca berbadan naga.

“Bagian-bagian tersebut menyiratkan makna kehidupan yang senantiasa dinamis. Kehidupan yang harus selalu mengarah kepada kebaikan,” terang Ketua Dewan Kesenian Blambangan Hasan Basri.

Ditemui usai kegiatan, salah satu tim pelatih Suharyono Hari Sasongko (23) menjelaskan, persiapan untuk menampilkan pertunjukan kolosal tersebut menghabiskan waktu kurang lebih satu bulan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...