Tutup Iklan X

Pengelola Wisata di Banyuwangi Rugi Puluhan Juta Akibat Tutup Selama PPKM Darurat

Kondisi Pantai Cemara Banyuwangi, Sebelum masa Pemberlakukan PPKM Darurat. (Foto: Hermawan Banyuwangi Hits)
Kondisi Pantai Cemara Banyuwangi, Sebelum masa Pemberlakukan PPKM Darurat. (Foto: Hermawan Banyuwangi Hits)

BANYUWANGI, Banyuwangihits – Pengelola wisata di Banyuwangi, mengeluhkan rugi hingga puluhan juta rupiah karena tutup hampir 1 bulan karena pemberlakukan PPKM Darurat.

Kerugian salah satunya n dialami pengelola tempat wisata Pantai Cemara, Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi. Pengelola mengaku perputaran ekonomi di sektor pariwisata macet total.

Kepala KUB Pantai Cemara Muhyi mengaku banyak anggota pengelola wisata yang  mengeluh dengan aturan pengetatan. Karena banyak pengelola yang cukup terpukul dengan dampak yang ditimbulkan.

“Kerugian selama PPKM ini ya mencapai puluhan juta. Biasanya pendapatan hasil tiket dan lain sebagainya itu kita putar untuk menunjang ekonomi anggota dan pembenahan ditempat wisata. Saat ini benar-benar anjlok,” katanya, Senin (26/7/2021).

Bahkan, kata Muhyi, disituasi sulit seperti ini anggota terpaksa harus merogoh kocek pribadi untuk melakukan pembenahan. Karena kondisi bibir pantai terus tergerus abrasi yang berpotensi mengancam keberlangsungan tempat wisata.

“Yang pasti kita selalu melakukan pembenahan karena di tempat kami banyak yang terkena abrasi dan untuk pembiayaan kami menggunakan dana swadaya kelompok,” jelasnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait yang ditemukan ...